KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta
kekuatan sehingga kami dapat menyelesaikan laporan penelitian ini dengan judul
“Sejarah Rohis SMA N 14 Jakarta”
Terwujudnya laporan penelitian ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak yang telah
mendorong dan membimbing kami, baik tenaga, ide-ide, maupun
pemikiran. Oleh karena itu dalam kesempatan ini
kami ingin
mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Ibu Rini P, S.Pd sebagai guru pembimbing
2. Pengurus Rohis 14 akhwat sebagai narasumber kami
Semoga segala
bantuan yang tidak ternilai harganya ini mendapat imbalan di sisi Allah SWT
sebagai amal ibadah, Amin.
Kami menyadari bahwa laporan penelitian ini masih jauh
dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik saran yang membangun dari berbagai
pihak sangat kami harapkan demi perbaikan-perbaikan ke
depan. Amin Yaa Rabbal ‘Alamiin
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Jakarta, 20 November 2010
Tim Penulis
i
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB 1
1. Latar Belakang
Di setiap sekolah pasti
mempunyai beberapa bidang organisasi sebagai wadah para siswanya untuk
merasakan kepemimpinan, belajar berorganisasi, dan melakukan kegiatan positif lainnya
selain belajar. Untuk itu ada beberapa bidang yang sering
dibentuk di sekolah-sekolah menengah atas seperti OSIS dan MPK. Dan ada pula sekolah
yang melaraskan antara kehidupan dunai san akhirat, mereka menambahkan kegiatan
keagamaan sebagai bidang yang diwajibkan diikuti oleh seluruh siswa. Di SMAN 14
sendiri terdapat dua bidang keagamaan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa
sesuai dengan kepercayaannya. Pertama ada Rohkris untuk siswa-siswi beragama
kristen dan katholik. Kedua ada Rohis, untuk siswa-siswi muslim SMAN 14.
Dalam penelitian ini, kami
akan meneliti tentang Rohis 14. Dalam perkembangannya, Rohis 14 memiliki
sejarah yang unik, serta struktur kepengurusan organisai yang berbeda dengan
bidang lainnya. Di dalam Rohis ini mereka mengadakan berbagai macam kegiatan
untuk para siswa-siswi muslim agar lebih mengetahui tentang Islam.
Perkembangan Rohis dimulai
saat Rohis 14 berdiri sebagai sebuah kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa-siswi
yang ingin mendalami agama islam. Lalu dalam tahun ke tahun, Rohis 14 akhirnya
berubah menjadi sebuah bidang yang anggotanya itu mencakup seluruh siswa-siswi
SMA 14, seperti bidang organisasi lainnya. Rohis 14 juga dikenal dengan nama Degrees
(Diligent Generetion) yang merupakan nama jaket mereka.
Rohis SMA Negeri 14 terlahir dengan misi dakwah di
SMAN 14 Jakarta sundiri, ia mempunyai struktur organisasi yang unik Kepengurusan
Rohis di bagi dua bagian, yaitu BPH (Badan Pengurus Harian) dan staff umum. Dan staff umum tersebut merupakan semua siswa/i muslim SMAN 14. Dan
untuk menjadi pengurus Rohis 14 kita harus menunjukkan minat yang besar,
dilihat juga dari akhlak-akhlaknya yang baik dan pintar berinteraksi dengan
orang lain.
Logo Rohis 14 juga tergolong unik dan penuh makna.
Makna keseluruhan logo tersebut yaitu, ”Wadah organisasi muslim 14 yang
sensntiasa beristiqomah mendakwahkan”
Dalam menciptakan kegiatan-kegiatan yang
bermanfaat, para pengurus Rohis khususnya BPH selalu mengacu pada;
A Visi
A Misi
A Motto
Yang telah ada sejak Rohis 14 ini
didirikan.
Menjadi harapan mereka untuk menyaksikan umat
muslim 14 bersatu dan sepakat untuk satu,berjuang di Jalan Allah,dan
ramai-ramai bersama menuju Jannah(surga) Allah.
01
- Masalah
Penelelitian
Masalah penelitian ini difokuskan pada bagaimana
perkembangan Rohis dari ekskul menjadi bidang sejajar dengan OSIS dan MPK. Dan
mengapa ini diwajibkan bagi seluruh siswa muslim SMAN 14.
- Tujuan
Penelitian
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk :
1) Mengetahui tentang seluk beluk Rohis 14.
2) Mengenal struktur kepengurusan Rohis 14.
3) Bagaimana proses pembentukan
kepengurusannya.
4) Mengetahui visi dan misi terbentuknya
Rohis.
5) Mengetahui kegiatan apa saja yang
dilakukan Rohis 14.
6) Mengapa kegiatan ini diwajibkan untuk
semua siswa/i muslim SMAN 14.
02
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bab II
Rohis 14 berdiri pada tahun 1986 yang dipelopori
oleh Ibu Emma Sugaemah. Awal mulanya, Rohis 14 merupaka kegiatan
ekstrakulikuler diluar jam belajar sekolah, lalu pada angkatan 39, ekskul Rohis
14 berubah menjadi sebuah bidang setara OSIS dan MPK serta wajib diikuti oleh
semua muslim-muslimah SMAN 14. Dan yang lebih membanggakan Rohis 14 merupakan
pelopor Rohis di Jakarta Timur.
Kegiatan Rohis 14 sebagai wadah siswa-siswi
menimba ilmu akhirat mempunyai banyak kegiatan, antara lain Maulid Nabi
Muhammad saw., Isra’ Mi’raj, Tafakur Alam (TA), Idul Adha, Sanlat (Pesantren
Kilat), Islamic Center, yang semuanya diadakan sekali dalam setahun. Adapula
kegiatan yang diadakan para pengurus Rohis setiap minggunya, yaitu keputrian
untuk para muslimah ketika para siswa laki-laki shalat Jum’at, dan Mentoring
untuk setiap siswa yang dibimbing oleh para kaka mentor. Mentoring merupakan
kegiatan sharing untuk menambah wawasan setiap siswa tentang Islam. Para
siswa-siswi dapat menanyakan apapun tentang Islam kepada kakak mentornya
masing-masing dengan batas sewajarnya saat kegiatan mentoring.
Struktur kepengurusan Rohis terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :
1.
BPH inti :
1) Ketua
ROHIS
2) Koordinator
akhwat
3)
Sekretaris
(I-II) dan Bendahara (I-II)
2.
BPH
divisi
1)
Divisi
Pembinaan
Membina akhlak dan pengetahuan tentang
Islam seperti keputrian, mentoring, Samure (Saat Mutiara Sore), dan lain-lain.
2)
Divisi
Proyek
Menangani kegiatan siswa-siswi muslim SMAN 14,
seperti Tafakur Alam (TA).
3)
Divisi
Syiar
Sosialisai terhadap masyarakat SMAN 14 tentang
kegiatan-kegiatan Rohis 14 maupun tentang Islam, seperti buletin Rohis 14.
4)
Divisi
Kepengurusan Masjid
Mengurusi semua urusan atau perihal Masjid SMAN 14 seperti laundry mukena
dan kebersihan tempat wudhu.
5)
Divisi
Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)
Menanggapi acara pada hari besar Islam seperti Isra’ Mi’raj, Idul Adha,
dsb.
6)
Divisi
Perpustakaan
Mengurusi kepentingsn perpustakaan masjid. Dan mengatur jadwal kunjungan
ikhwan dan akhwat.
3.
Staf
khusus
4.
Staf
umum
03
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB III
Kesimpulan dari
penelitian ini,
Dari penelitian yang telah kami lakukan terhadap ROHIS SMAN 14 , kami dapat
menyimpulkan bahwa rohis merupakan suatu wadah organisasi yang mencakup seluruh
siswa/siswi muslim di SMAN 14 yang bertujuan untuk pembinaan akhlakul karimah.
Rohis menjadi suatu bidang yang wajib bagi siswa/siswi muslim yang dikhususkan
pada pendidikan dasar keagamaan dan akhlaq yang menyangkut kehidupan dan
pergaulan didalam SMAN 14 maupun di lingkungan sosial lainnya .
Pembinaan akhlak dan pendidikan agama di SMAN 14 khususnya oleh ROHIS 14
juga bertujuan untuk menciptakan lulusan-lulusan SMAN 14 yang berjiwa cerdas
dan berakhlak mulia .
- Lebih meningkatkan lagi prestasi Rohis 14 terutama di bidang Nasyid. Dan lebih mengembangkan lagi acara – acara yang dibuat untuk siswa SMA 14.
- Lebih matang lagi dalam mempersiapkan berbagai acara yang diselenggarakan oleh Rohis.
- ROHIS 14 harus mampu mengangkat nama ROHIS menjadi sebuah nama yang didalamnya banyak mengandung manfaat sehingga dengan adanya ROHIS siswa siswi di SMAN 14 mampu berpartisipasi secara maksimal dalam keorganisasian ROHIS.
- Dengan banyaknya acara yang diadakan ROHIS, ROHIS harus mampu membuat acara yang benar-benar menarik dan hidup tapi bermakna sehingga siswa-siswi tertarik dan berdampak baik,
04
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR PUSTAKA
http://degreez14allahuakbar.wordpress.com/degreezs-profile/
http://www.rohis14.co.cc/2010/10/rohis-14-masa-jihad-2010-2011-1431-h.html
05
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PENUTUP
Bisnillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum wr.wb.
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Tuhan semesta
Alam. Kami bersyukur atas selesainya Laporan Penelitian Rohis 14. Kami ucapkan
terima kasih kepada Allah swt. yang telah memperlancar proses penelitian kami,
Guru Pembimbing kami, Ibu Rini, Kakak-kakak Kelas, koordinator akhwat Rohis 14
yang telah sukarela membagi waktunya untuk kami wawancara, serta teman-teman
yang saling mendukung.
Semoga penelitian ini bermanfaat untuk semua dan dapat mengambil hikmahnya.
Wassalamu’alaikum wr.wb
Jakarta, 22 November 2010
Kelompok Penelitian Sejarah
Kelas X-F
07
Tidak ada komentar:
Posting Komentar