Social Icons

Sabtu, 27 Oktober 2012

Degrees


KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta kekuatan sehingga kami dapat menyelesaikan laporan penelitian ini dengan judul Sejarah Rohis SMA N 14 Jakarta
Terwujudnya laporan penelitian ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak yang telah mendorong dan membimbing kami, baik tenaga, ide-ide, maupun pemikiran. Oleh karena itu dalam kesempatan ini kami ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.      Ibu Rini P, S.Pd sebagai guru pembimbing
2.      Pengurus Rohis 14 akhwat sebagai narasumber kami
Semoga segala bantuan yang tidak ternilai harganya ini mendapat imbalan di sisi Allah SWT sebagai amal ibadah, Amin.
Kami menyadari bahwa laporan penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik saran yang membangun dari berbagai pihak sangat kami harapkan demi perbaikan-perbaikan ke depan. Amin Yaa Rabbal ‘Alamiin
Wassalamu’alaikum Wr. Wb


Jakarta, 20 November 2010




                                        Tim Penulis


i
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB 1

1.      Latar Belakang
Di setiap sekolah pasti mempunyai beberapa bidang organisasi sebagai wadah para siswanya untuk merasakan kepemimpinan, belajar berorganisasi, dan melakukan kegiatan positif lainnya selain belajar. Untuk itu ada beberapa bidang yang sering dibentuk di sekolah-sekolah menengah atas seperti OSIS dan MPK. Dan ada pula sekolah yang melaraskan antara kehidupan dunai san akhirat, mereka menambahkan kegiatan keagamaan sebagai bidang yang diwajibkan diikuti oleh seluruh siswa. Di SMAN 14 sendiri terdapat dua bidang keagamaan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa sesuai dengan kepercayaannya. Pertama ada Rohkris untuk siswa-siswi beragama kristen dan katholik. Kedua ada Rohis, untuk siswa-siswi muslim SMAN 14.
Dalam penelitian ini, kami akan meneliti tentang Rohis 14. Dalam perkembangannya, Rohis 14 memiliki sejarah yang unik, serta struktur kepengurusan organisai yang berbeda dengan bidang lainnya. Di dalam Rohis ini mereka mengadakan berbagai macam kegiatan untuk para siswa-siswi muslim agar lebih mengetahui tentang Islam.
Perkembangan Rohis dimulai saat Rohis 14 berdiri sebagai sebuah kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa-siswi yang ingin mendalami agama islam. Lalu dalam tahun ke tahun, Rohis 14 akhirnya berubah menjadi sebuah bidang yang anggotanya itu mencakup seluruh siswa-siswi SMA 14, seperti bidang organisasi lainnya. Rohis 14 juga dikenal dengan nama Degrees (Diligent Generetion) yang merupakan nama jaket mereka.
Rohis SMA Negeri 14 terlahir dengan misi dakwah di SMAN 14 Jakarta sundiri, ia mempunyai struktur organisasi yang unik Kepengurusan Rohis di bagi dua bagian, yaitu BPH (Badan Pengurus Harian) dan staff umum. Dan staff umum tersebut merupakan semua siswa/i muslim SMAN 14. Dan untuk menjadi pengurus Rohis 14 kita harus menunjukkan minat yang besar, dilihat juga dari akhlak-akhlaknya yang baik dan pintar berinteraksi dengan orang lain.
Logo Rohis 14 juga tergolong unik dan penuh makna. Makna keseluruhan logo tersebut yaitu, ”Wadah organisasi muslim 14 yang sensntiasa beristiqomah mendakwahkan”
Dalam menciptakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, para pengurus Rohis khususnya BPH selalu mengacu pada;
A Visi             
A Misi             
A Motto          
Yang telah ada sejak Rohis 14 ini didirikan.
Menjadi harapan mereka untuk menyaksikan umat muslim 14 bersatu dan sepakat untuk satu,berjuang di Jalan Allah,dan ramai-ramai bersama menuju Jannah(surga) Allah.

01

 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------


  1. Masalah Penelelitian
Masalah penelitian ini difokuskan pada bagaimana perkembangan Rohis dari ekskul menjadi bidang sejajar dengan OSIS dan MPK. Dan mengapa ini diwajibkan bagi seluruh siswa muslim SMAN 14.

  1. Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk :
1)      Mengetahui tentang seluk beluk Rohis 14.
2)      Mengenal struktur kepengurusan Rohis 14.
3)      Bagaimana proses pembentukan kepengurusannya.
4)      Mengetahui visi dan misi terbentuknya Rohis.
5)      Mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan Rohis 14.
6)      Mengapa kegiatan ini diwajibkan untuk semua siswa/i muslim SMAN 14.


02
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bab II

Rohis 14 berdiri pada tahun 1986 yang dipelopori oleh Ibu Emma Sugaemah. Awal mulanya, Rohis 14 merupaka kegiatan ekstrakulikuler diluar jam belajar sekolah, lalu pada angkatan 39, ekskul Rohis 14 berubah menjadi sebuah bidang setara OSIS dan MPK serta wajib diikuti oleh semua muslim-muslimah SMAN 14. Dan yang lebih membanggakan Rohis 14 merupakan pelopor Rohis di Jakarta Timur.
Kegiatan Rohis 14 sebagai wadah siswa-siswi menimba ilmu akhirat mempunyai banyak kegiatan, antara lain Maulid Nabi Muhammad saw., Isra’ Mi’raj, Tafakur Alam (TA), Idul Adha, Sanlat (Pesantren Kilat), Islamic Center, yang semuanya diadakan sekali dalam setahun. Adapula kegiatan yang diadakan para pengurus Rohis setiap minggunya, yaitu keputrian untuk para muslimah ketika para siswa laki-laki shalat Jum’at, dan Mentoring untuk setiap siswa yang dibimbing oleh para kaka mentor. Mentoring merupakan kegiatan sharing untuk menambah wawasan setiap siswa tentang Islam. Para siswa-siswi dapat menanyakan apapun tentang Islam kepada kakak mentornya masing-masing dengan batas sewajarnya saat kegiatan mentoring.
Struktur kepengurusan Rohis terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :
1.      BPH inti :
1)      Ketua ROHIS
2)      Koordinator akhwat
3)      Sekretaris (I-II) dan Bendahara (I-II)
2.      BPH divisi
1)      Divisi Pembinaan
Membina akhlak dan pengetahuan tentang Islam seperti keputrian, mentoring, Samure (Saat Mutiara Sore), dan lain-lain.
2)      Divisi Proyek
Menangani kegiatan siswa-siswi muslim SMAN 14, seperti Tafakur Alam (TA).
3)      Divisi Syiar
Sosialisai terhadap masyarakat SMAN 14 tentang kegiatan-kegiatan Rohis 14 maupun tentang Islam, seperti buletin Rohis 14.
4)      Divisi Kepengurusan Masjid
Mengurusi semua urusan atau perihal Masjid SMAN 14 seperti laundry mukena dan kebersihan tempat wudhu.
5)      Divisi Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)
Menanggapi acara pada hari besar Islam seperti Isra’ Mi’raj, Idul Adha, dsb.
6)      Divisi Perpustakaan
Mengurusi kepentingsn perpustakaan masjid. Dan mengatur jadwal kunjungan ikhwan dan akhwat.

3.      Staf khusus
4.      Staf umum


03
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB III

Kesimpulan dari penelitian ini,
Dari penelitian yang telah kami lakukan terhadap ROHIS SMAN 14 , kami dapat menyimpulkan bahwa rohis merupakan suatu wadah organisasi yang mencakup seluruh siswa/siswi muslim di SMAN 14 yang bertujuan untuk pembinaan akhlakul karimah. Rohis menjadi suatu bidang yang wajib bagi siswa/siswi muslim yang dikhususkan pada pendidikan dasar keagamaan dan akhlaq yang menyangkut kehidupan dan pergaulan didalam SMAN 14 maupun di lingkungan sosial lainnya .
Pembinaan akhlak dan pendidikan agama di SMAN 14 khususnya oleh ROHIS 14 juga bertujuan untuk menciptakan lulusan-lulusan SMAN 14 yang berjiwa cerdas dan berakhlak mulia .


 Saran untuk Rohis 14  :

  1.  Lebih meningkatkan lagi prestasi Rohis 14 terutama di bidang Nasyid. Dan lebih mengembangkan lagi acara – acara yang dibuat untuk siswa SMA 14.
  2.  Lebih matang lagi dalam mempersiapkan berbagai acara yang diselenggarakan oleh Rohis.
  3. ROHIS 14 harus mampu mengangkat nama ROHIS menjadi sebuah nama yang didalamnya banyak mengandung manfaat sehingga dengan adanya ROHIS siswa siswi di SMAN 14 mampu berpartisipasi secara maksimal dalam keorganisasian ROHIS.
  4. Dengan banyaknya acara yang diadakan ROHIS, ROHIS harus mampu membuat acara yang benar-benar menarik dan hidup tapi bermakna sehingga siswa-siswi tertarik dan berdampak baik,


04
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

DAFTAR PUSTAKA

http://degreez14allahuakbar.wordpress.com/degreezs-profile/
http://www.rohis14.co.cc/2010/10/rohis-14-masa-jihad-2010-2011-1431-h.html




05
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PENUTUP

Bisnillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum wr.wb.
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam. Kami bersyukur atas selesainya Laporan Penelitian Rohis 14. Kami ucapkan terima kasih kepada Allah swt. yang telah memperlancar proses penelitian kami, Guru Pembimbing kami, Ibu Rini, Kakak-kakak Kelas, koordinator akhwat Rohis 14 yang telah sukarela membagi waktunya untuk kami wawancara, serta teman-teman yang saling mendukung.
Semoga penelitian ini bermanfaat untuk semua dan dapat mengambil hikmahnya.
Wassalamu’alaikum wr.wb



Jakarta, 22 November 2010   





Kelompok Penelitian Sejarah 
Kelas X-F                   



07

Tidak ada komentar: