Social Icons

Kamis, 15 November 2012

IKRAR


IKRAR? Wah pasti lo semua pasti pada ga tau apa tuh IKRAR.  IKRAR itu Ikatan ROHIS se-Jakarta Timur. Eeeittss…..tapi gue adalah salah satu korban kakak kelas. Yah gue bilang gitu, soalnya gue tiba-tiba dapet amanah jadi Koordinator Akhwat Divisi Dakwah Islamiyah (Ko.A DDI). Huh, padahal gue sebelumnya cuman dateng di acara IKRAR gara-gara mikir itu acara dari Rohis14 yaitu Frenster. Yah lo tau sendiri kan 14 gimana, kalo Rohis 14 adain acara yaa wajib datenglah kalo ngga nanti dapet iqob(denda) dan dipanggil Pembina. Apalagi saat itu gue masih tampang lugu dan polosnya (maklum masih kelas X).
Menurut gue amanah itu adalah hal / sesuatu yang dipercayakan dari seseorang kepada orang lain dan orang yang memberikan amanah itu tau tentang diri kita dan percaya kalo kita itu bisa jalaninnya. Akhirnya gue masuk IKRAR, dan resmi jadi BPH tanpa bai’at. Loh, kok ga di bai’at? Kok aneh ya, beda sama Rohis14? Sebenernya gini sob, gue ga di bai’at karena pas hari H-nya harus hadir di acara ekskul tercinta <3 span="span"> 
IT-Tech 14 J selain itu kakak kelas gue ngasih taunya dadakan banget pas hari H-nya dan mereka juga ga bilang kalo ada sertijab.
Dua hari kemudian, gue dapet info dari kakak kelas kalo gue jadi KoA DDI. Weeeiiits, keren sih pas denger kepanjangan dari DDI itu apa apalagi gue salah 1 diantara 2 orang yang dipilih jadi utusan 14 buat luar. Saat itu yang ada dibenak gue adalah peluang dakwah dan kenalin 14 ke orang luar lumayan besar tuh, apalagi diamanahin jadi KoA DDI. Gue langsung semangat dan merangcang program dakwah gue di IKRAR buat satu tahun kedepan. Ah pokoknya gak tau kenapa, gue jadi ga sabaran buat kenal sama temen-temen IKRAR.
Sepulang sekolah, setelah solat isya tiba-tiba ada sms masuk bertubi-tubi. “Ah sms dari siapa sih, kok banyak amet nih. Yah paling besok syuro lagi -,- bête tiada hari tanpa syuro.” Gumam gue dalam hati.
Ternyata itu adalah sms dari Ka Nadya IKRAR 10, dia sms in nomor ikhwan akhwat seperjuangan gue di IKRAR 11. Tapi….ada 1 sms terakhir yang bikin gue shock dan ga bisa terima. Ya iyalah secara gitu tiba-tiba gue dipilih jadi KoA Launching IKRAR (acara pertama angkatan gue) terus diminta langsung koordinasi sama ikhwannya lagi -,- daaaan yang lebih mengejutkan lagi Ketua launching itu adalah partner gue selama 1 tahun di IKRAR. Masya Allah, ini artinya gue udah berani keluar dari zona aman dan nyaman. Awalnya protes sama IKRAR 10 kenapa harus gue yang jadi KoA acara, padahal di 14 kalo kepanitiaanpun gue cuman jadi Pj atau staff. Gue khawatir ga amanah. Yah tapi IKRAR 10 tetep jorokin gue buat jadi KoA launching, akhirnya gue coba beraniin koordinasi dengan ikhwan. Jujur, awal sms buat koordinasi aja deg-deg an sama keringet dingin. Jatuh cinta? Bukan sob, gue kayak gitu kuatir nomor yang di kasih Ka nadya itu salah atau gue bakal dapet partner yang galak banget. Gue tungguin jawaban tuh ikhwan buat adain kapan bisa syuro malah ga dapet balesan juga.  
Dua hari kemudian, huh baru tuh ikhwan kasih balesan juga. Akhirnya kita syuro launching dan bikin agenda syuro buat besok.
Keesokan harinya gue dapet telpon dari ikhwan itu (gila nih ikhwan, kok berani nelpon gue sih. Ikhwan 14 aja ga berani nelpon gue. Belum tau kali yee gue galak)
“Ukh, sudah dimana? Syuro kapan mau dimulai?”
“Sebentar saya masih les ini, ya udah syuro mulai duluan aja.”
“Ya sudah, kami tunggu anti yah”
“Ok, ok.”
Selama perjalanan tuh ikhwan nyebelin abis dah, gue dah sampai Tamini Square buat nunggu angkot tapi dia ga sabaran karena mau mulai syuro. Lagian aneh banget sih, kenapa ga dia sendiri dulu aja yang handle kan dia yang ketuanya.
Ah, akhirnya sampai juga di Masjid At-Tin. Loh? Kok sepi yah? Orang-orang yang mau gue ajak syuro dimana sih?Duh parah abis nih, gue memimpin tapi ga tau siapa yang gue pimpin.
Tapi di ujung belakang lantai solat, gue ngeliat segerombolan mba2 pake kerudung panjang dan keliatan ga jelas banget mereka mau ngapain. Tapi firasat gue bilang kalo mba2 itu anak IKRAR, yaudah gue datengin mereka.
“Assalamu’alaikum ukh, maaf ada yang tau syuro IKRAR dimana?”Tanya gue dengan senyuman dan tampang kayak orang bingung
“Kamu pasti Yuni ya? Oh ya wa’alaikumussalam ukh. Ayo ukh, kita mulai syuronya aja sekarang.”
“E..e.ehmm iya nama saya Yuni. Kok bisa tau sih?” Tanya gue keheranan
“Tau lah ukh, kan anti yang tadi sms nanyain syuro dimana.”
“Oh..hehe. Dunia emang sempit.” Jawab gue masih kebingungan
(Gue sms si ikhwan itu buat mulai syuronya)
Huh, gue shock banget .Yah, malah keinginan buat dakwah di IKRARpun luntur. Bahkan mau langsung keluar IKRAR dan rasanya pengen marah-marah ke IKRAR 10, kakak kelas yang masukin gue kesini, dan ke temen seangkatan gue. Secara gitu, gue yang biasanya di ROHIS 14 dapet amanah apapun ga pernah kerja doble dan temen-temen seangkatan gue tuh udah paham kepanitiaan apalagi organisasi. Tapi, kalo di IKRAR yaa kebalikannya gitu. Duh jadi kesel sendiri, tapi gue coba gak keluarin keganasan gue ke mereka cukup di 14 aja. Gue coba kenal mereka dulu dah.
Tapi emosi gue jadi kambuh bahkan lebih naik dari sebelumnya, gara-gara ada seorang ikhwan yang ga jelas asal usulnya tiba-tiba masuk ke syuro kami dan hancurin semuanya. Nah gue sebagai KoA acara karena udah mulai naik pitam, akhirnya marahin ikhwan itu. Ternyata dia adalah IKRAR 9. Terus gue coba jelasin, kalo mau ngomongin proker bukan disini.
“Maaf kak, ini adalah syuro launching dan yang memimpin syuro ini adalah saya dan koInya. Jadi kalo kakak mau ngomongin proker setelah kami syuro. Lagian kalo kakak udah memberikan amanah ke kami, itu tandanya kaka udah percaya kalo kami bisa jalaninnya. “ jawab gue dengan tegas
“O…ok …ok dek”
Eh ternyata ga lama gue bilang gitu, dia malah motong syuro kami. Gue rasanya mau getokin tuh ikhwan IKRAR 9. Ya udah akhirnya gue dan ikhwan ikrar 9 itu berdebat sampe udah mau jam 5 sore. Sementara temen-temen gue, diem aja. Ya udah gue minta ke koI acaranya buat nutup syuro itu karena udah ga efektif lagi dan gue juga ga boleh pulang sore banget.
Waktupun berjalan, tak terasa gue udah mengemban amanah di IKRAR hampir 9 bulan. Dari acara launching, KIR (Kajian Islam Remaja) season 1,2,dan 3 serta KURMA (Paket Khusus Bulan Ramadhan). Memang diawal dan dipertengahan dakwah ini ga semulus yang gue bayangin. Dari awal sertijab (januari) sampai sekarang (September) seleksi alampun terus menerus terjadi.
Subhanallah…Gue bener-bener ngerasain yang namanya organisasi karena disini gue harus kerja ekstra doble disetiap kepanitiaan. Hal itu disebabkan kurangnya mutu SDM pengurus IKRAR, banyak dari mereka yang mendapat amanah tapi ga ngerti tugas mereka di IKRAR apa. Ada juga yang udah paham organisasi tapi lebih memilih keluar atau hilang tanpa kabar.
Sampai suatu ketika gue pura-pura keluar dari IKRAR. Yah memang mereka jadi sadar, tapi gue bener-bener kecewa dengan mereka. Mereka sadar cuman sesaat aja, pas denger gue ga jadi keluar , mereka seolah lupa akan amanahnya.
Sampai suatu ketika Riana, Ketua IKRAR pergi meninggalkan kami. Gue sih sedih kehilangan tuh orang, bukan karena apa-apa. Gue sedih gara-gara selama 9 bulan mengemban amanah ini cuman kita berdua aja yang urus IKRAR. Sedangkan temen-temen IKRAR lain malah menyerahkan keputusan selalu ke kita. Tapi, gue tetep bersyukur ke Allah karena menurut gue, Allah kan selalu kasih yang terbaik buat hamba-Nya. Semenjak Riana pergi, muncullah sesosok ikhwan baru yang bisa bantuin gue lagi buat urus IKRAR. Dia adalah helmi, satu tahun dibawah gue. Selama satu bulan ini gue ngerasa senang dengan kinerjanya, bahkan punya sebuah keinginan untuk jadiin dia Ketua IKRAR 12 dan pengganti Riana.
Jum'at, 12 Oktober 2012 mungkin ini adalah perpisahan gue dengan IKRAR. Gue ngerasa sedih banget karena di detik-detik terakhir gue, akhwat IKRAR ga ada yang bisa hadir cuman Lia,Helmi, sama Mirza yang hadir. Tapi gue berusaha buat ketawa dari balik hijab walaupun hati gue berat banget buat KELUAR dari IKRAR Apalah daya, ortu, murabbiah sama guru-guru minta gue off darisana karena kondisi kesehatan gue sama nilai-nilai yang makin merosot tajam.Perpisahan ini kita adain di balik hijab musholla Al-Islah.
Tiba-tiba sesosok Riana kembali hadir ditengah kami, ternyata di detik-detik gue mau keluar dia baru sadar dari futurnya selama ini dan mutusin buat jadi ketua IKRAR lagi, tapi ini udah telat. Gue sekarang dah ga bisa bantuin mereka lagi. 



Tidak ada komentar: