Social Icons

Sabtu, 02 April 2016

Seorang Teman dari Negeri Sakura




Sabtu, 2 April 2016.



Aku harap catatan kecil ini menjadi memori sebuah pertemuan.


Hari ini merupakan hal yang baru bagiku. Aku sangat tidak suka menunggu dan ditunggu. Kita sih janjian ketemuan jam 2 siang. Namun, aku tiba disana 1 jam lebih awal. Lumayan panas juga euuy nunggu 1 jam digerbang utama. (Yah ini salahku juga kenapa milih meeting point disitu).


Yap, sesuai dengan dugaanku. Dia benar-benar tepat waktu. Pukul 14.00, dia tiba dan sesuai perjanjian kita harus mengobrol menggunakan dua bahasa. Namun, aku begitu gugup hingga lupa kalimat yang sudah kusiapkan dalam bahasa Jepang (namanya juga beginner -_-" jadi harus prepare dulu).



K: こんにちは,ユニ。I'm Kota.


Y: こんにちは, kota. (Aduh , mau ngomong apaan yaa tadi. Tuh kan lupa. Ya udah deh pake bhs Inggris aja) Ok, ayo kita masuk ke dalam. Sebelum kita masuk, kamu harus melepas sepatumu,yah.


Seorang satpam didepan pintu Al Fattah meminta kami untuk ke ruang informasi terlebih dahulu. Disana kita hanya mengisi absen kehadiran untuk tamu asing dan beberapa peraturan selama di Masjid. Oh ya, dia kayaknya kebingungan banget pas disuruh ngisi kolom agama. Akhirnya dia ngisi Budha (aku sih kurang yakin, setau aku dia kan g punya agama. Alasan dia datang kesini mau tahu tentang Islam dan kehidupan muslim Indonesia.).




Setelah mendapat sedikit pengarahan, kita berjalan ke lantai 1.


K: Yuni, itu jam untuk apa? Kok banyak banget sih?


Y: Oh, itu namanya jadwal solat. Muslim ibadah 5x dalam sehari. Ada waktu subuh, zuhur,asar,magrib, dan isya. Waktu solat tiap negara sih beda-beda. Tapi kali diindonesia, waktu solatnya ya seperti yang ditunjukkan dipapan itu (Sambil jalan-jalan kearah teras).


K: wah, masjid ini besar juga yah. Apakah ini masjid terbesar diindonesia?


Y: Yap, betul banget. Sekitar 200.000 orang bisa solat disini pas acara idul fitri. Kan ini hari biasa, jadi pengunjungnya gak terlalu banyak. Di Indonesia, mall, cafe, dan restoran menyediakan tempat untuk solat. Ya udah yuk, kita ke atas.


Y: Kota, itu namanya Monas. Ikonnya kota jakarta. Letaknya gak terlalu jauhlah dari sini.


K: Iya, kemarin aku kesana.


Y: Loh, emang nyampe sini jam berapa?


K: Jam 5 sore. Aku naik Damri dari soetta ke hotel. Oh ya, aku sempet kaget banget.


Y: Emang kenapa?


K: Suasana di Damri sangat berisik dan banyak penduduk lokal.


Y: Iya sih. Makanya dari awal, aku ga nyaranin kamu naik itu. Kamu kesini naik apa?


K: Jalan kaki dari hotel. Aku takut banget pas mau nyebrang tadi. Pengemudi disini sangat tidak ramah pada pejalan kaki sepertiku.


Y : Iya sih, kamu bener. Aku sih juga takut nyebrang tapi ya modal nekat aja. Nanti tuh pengemudi kasih kita jalan kok.


K : Btw, disini ada cafe atau restoran yang deket ga?


Y: Kamu mau ke restoran Jepang?


K: Oh disini juga ada ya restoran Jepang.


Y: Ada sih tapi letaknya lumayan jauh. O ya aku ga suka makanan mentah.


K: oh kenapa ga suka ?


Y: Ga biasa aja sih. Btw, dimasjid ini ada kantin.


K: Oh ya, kita lanjut ngobrol disana aja.


Sesampainya dikantin masjid.


K: Yuni, makanan favorit kamu apa?



Y: (aduh ini pertanyaan sulit. Aku ga tahu makanan yang aku suka. Asal sebut aja deh, biar cepet). Aku suka rendang, gulai, dan sate. (tanpa aku sadari, dia lagi baca menu makanan dibelakangku)


K: Yah, disini gak ada makanan yang kamu suka ya. Sate? Wah itu enak banget. Kemarin aku nyoba makan sate kambing, nasi goreng, dan mie goreng. Rasanya enak banget.


Y: Oh, benarkah? Ada dua jenis sate disini. Kamu makan sate yang mana?


K: sate kambing.


Y: oh itu namanya sate madura. Aku juga suka sih tapi lebih suka sate Padang. Kamu tahu bedanya?


K: No.


Y: Sate padang terbuat dari daging sapi. Kalo sate madura terbuat dari daging ayam atau kambing.


K: I see. Aku pesan makanan dulu ya.



Y: (what? Nih orang makannya banyak juga yah) Kota, kamu emangnya belum makan siang? Aku sih udah makan dikampus. Jadi masih kenyang.


K: Lunch? What's it?


Y: (aduh aku lupa lagi bahasa jepangnya)Lunch is あさごはん。


K: No, あさごはん is breakfast.


Y: Yah tuh kan salah -_-" Maaf aku ga tahu.


(dia jelasin sedikit-sedikit Bahasa Jepang)


K : Aduh, makanannya pedes banget yah.


Y : Loh, emangnya kamu ga suka makanan pedas?


K : Nggak. Perutku gak kuat.


K : Ya udah kita mulai aja belajarnya.


Y : Kamu kan belum selesai makan. Habisin dulu makanannya.


K : Aku udah ga kuat lagi.


Y : Haha.. Itu mah belum seberapa.


K : Kamu suka pedes? Makanan Indonesia pedes semua yah.


Y : Ya, aku suka banget pedes. Kalo kamu ga suka pedes, kenapa ga pesan tempe bacem aja tadi. Itukan rasanya manis.


K : Ha? Really? I don’t know it. Ya udah, yuk kita mulai aja belajarnya. Kamu kenapa sih mau belajar B. Jepang ?


Y : Ya, biar makin gampang aja komunikasi dan balas email dari klienku. O ya, aku punya buku B. Jepang. Buku ini sulit untuk dipelajarin. (bukunya ada terjemahan bahasa indonesianya sih tapi aku salah beli. Beli level N3)


K : Boleh aku buka?


Y : Sure.


Tak terasa aku belajar Bahasa Jepang dengannya sampai Asar dan kantin mulai tutup. Kita pindah ngobrol di kursi dekat pohon.


K : Wah, suara Al Qur’an nya begitu indah ya.


Y : Itu namanya sholawat nabi. ( jelasin panjang lebar tentang sholawat nabi dan Adzan)


K : Oh begitu. Aku belum pernah dengar. Di Jepang ga ada masjid.


Y : Setahuku sih bukannya ada ya? Masjid Camii di Tokyo.


K : Oh, benarkah? Kok aku ga tau sih.


Y : Nanti kalo kamu mau belajar tentang Islam dimasjid itu aja. Kamu nanti bisa tanya lebih leluasa ke muslim yang bisa bahasa Jepang.


Disela-sela obrolan kita, ada seorang pria paruh baya menghampiri kita. Yah, dia intinya seneng banget ada turis asing yang mau belajar tentang Islam. Ternyata, pria paruh baya ini daritadi dengerin percakapan kita -,-“ dan beberapa turis asing melihat kita (gara-gara keasikan ngobrol sampe ga nyadar gitu). Tiba-tiba dua orang wanita Jepang menghampiri kami. Mereka bilang mau tahu juga tentang Islam dan masjid. Namun, mereka tidak membawa hijab. Ya udah deh, aku saranin supaya ke ruang informasi. Biasanya sih pengurus masjid udah menyediakan mukena dan sarung untuk turis di ruang informasi.


Ada banyak hal-hal yang lucu saat di Istiqlal mulai dari ketemu bule yang diusir gara-gara pake celana pendek, sharing tentang kehidupan di Jepang dan Indonesia, belajar bahasa Jepang dan masih banyak lagi. Duh, gak terasa notes ini udah panjang banget. Semoga kita ketemu lagi yaa... Entah dinegeri sakura atau disini lagi hehe...
 












Tidak ada komentar: